Selamat Datang Di Blog kami .......

... sebelum bencana banjir memang benar-benar terjadi, lindungi asset pribadi anda berupa gedung (pusat perkantoran / bisnis), bangunan pabrik, bangunan instansi pemerintah, komplek perumahan, atau rumah pribadi anda dari terjangan luapan bencana banjir .... lebih baik memproteksi dari pada anda menyaksikan sesudah apa yang terjadi

Kamis, 03 November 2011

Memproteksi Gedung Dari Sergapan Bencana Banjir Bag. 1



Banjir Jakarta
Rutinitas Bencana Banjir
Bencana banjir seakan sudah menjadi masalah yang biasa terjadi di negeri ini, dan telah menjadi siklus tahunan, dua tahunan, atau 5 tahuan,  terutama di Ibu Kota Jakarta.

Hujan yang menguyur secara terus menerus selama 2 - 3 jam saja, banyak kawasan di Ibu Kota yang terendam banjir; jalanan menjadi macet, dan roda perekonomian menjadi terganggu bahkan menjadi lumpuh, dan  terkadang sampai menimbulkan korban jiwa dan kesengsaraan anggota masyarakat.



Sebab Terjadinya Banjir
Curah hujan yang tinggi, penumpukan sampah, pendangkalan sungai, sistem drainase yang tidak terencana dengan baik, dan minimnya tanah resapan, merupakan penyebab banjir di beberapa kota di Indonesia, terutama di DKI Jakarta yang sudah lama teridentifikasi. Pesatnya urbanisasi ke Jakarta bisa juga menjadi salah satu faktor kondisi ini.

Pintu masuk dan keluar menuju halte bus transjakarta tak bisa dilalui karena genangan air di jalur lambat di Jalan Letjen. Suprapto, Jakarta Pusat, Selasa (13/1). Hujan deras yang melanda Jakarta sejak dini hari membuat banyak jalan tergenang air dan kemacetan dimana-mana

Solusi Mengatasi Banjir
Untuk mengatasi luapan air banjir yang senantiasa melanda negeri ini, terutama DKI Jakarta, secara garis besar ada 2 solusi, yaitu :
  1. Solusi Global, menyeluruh, dan jangka panjang. Ini yang sedang dan terus dilakukan pemerintah dengan membuat berbagai macam program kerja, diantaranya yaitu membuat sistem drainase yang memadai ( pengerukan sungai, memperbesar saluran buangan air, proyek gorong-gorong), membuat waduk penampungan luapan  banjir, menambah  (me-modernisasi) sistem pompanisasi skala besar, dan memperbanyak daerah resapan air, serta penghijauan. Khusus kasus di DKI Jakarta, solusi jangka panjang dapat direncanakan dibuatnya dinding laut (tanggul raksasa).
  2. Solusi Lokal, Parsial. Solusi terakhir ini adalah menyelamatkan asset individu baik berupa gedung pusat perkantoran atau pusat bisnis, gedung pemerintahan, rumah pribadi, atau suatu kawasan (komplek perumahan, kawasan pabrik)  dari luapan bencana banjir yang dilakukan secara individu atau  parsial.  Solusi yang kedua ini dilakukan karena untuk menjamin yang lebih pasti dalam melindungi propertinya dari terjangan luapan air banjir. Yang mudah dilakukan pada solusi kedua ini adalah dengan membuat sistem Floodgate  atau bisa juga dengan  Desain Struktur Tanah  Fondasi Bangunan Yang ditinggikan. 
Floodgate  adalah sistem  penahan air yang dipasang pada pintu utama bangunan atau gerbang, atau suatu kawasan perumahan atau pabrik, untuk melindungi bangunan tersebut dari masuknya luapan air banjir.
Pemasangan Floodgate Pada Salah Satu Gedung Pusat Perkantoran Jl. Jend. Sudirman Jakarta

Dapatkah kita membayangkan, apa yang yang harus kita perbuat seandainya asset properti kita terkena bencana banjir? Luapan air banjir dapat merendam gedung-gedung pusat perkantoran dan bisnis, pusat perbelanjaan, dealer kendaraan,  bangunan pabrik,  atau gedung  rumah pribadi ....

Bersambung ke " Memproteksi Gedung Dari Sergapan Bencana Banjir Bag. 2 " 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar